KORELASI ETIKA DENGAN PENULISAN ILMIAH


Judul Penulisan Ilmiah
Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Membeli atau Membuat Sendiri Bakso pada Bakso Mas Karim

Ringkasan Hasil Penulisan Ilmiah
Manajemen memiliki peran penting yang dibutuhkan perusahaan dalam hal mengambil keputusan. Sebelum mengambil keputusan, manajemen harus melakukan sebuah analisis untuk mengetahui keputusan manakah yang paling menguntungkan perusahaan. Salah satu analisis yang dibutuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan adalah analisis biaya diferensial membeli atau membuat sendiri suatu produk.
Tujuan yang dikaji dalam penulisan ini adalah 1) Untuk mengetahui analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan membeli atau membuat sendiri bakso pada Bakso Mas Karim. 2) Untuk mengetahui hasil analisis biaya diferensial berdasarkan konsep membeli atau membuat sendiri bakso pada Bakso Mas Karim.
Objek kajian penulisan ini adalah pendekatan diferensial diantara alternatif membeli atau membuat sendiri bakso pada Bakso Mas Karim. Dari hasil penelitian mengenai analisis biaya diferensial membeli atau membuat sendiri bakso, perbandingan laba yang diperoleh jika membeli bakso dari luar sebesar Rp 15.750.000. Sedangkan laba yang diperoleh jika Bakso Mas Karim membuat sendiri bakso sebesar Rp 17.658.000, sehingga terdapat laba diferensial sebesar Rp 1.908.000. Berdasarkan hasil analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan membeli atau membuat sendiri bakso dapat disimpulkan bahwa keputusan yang dapat diambil yaitu keputusan membuat sendiri bakso karena laba yang diperoleh lebih besar.

Korelasi Etika dengan Ringkasan Penulisan Ilmiah
                Berdasarkan ringkasan penulisan ilmiah diatas, diketahui bahwa penulisan ilmiah diatas memiliki korelasi etika dalam berbisnis. Etika bisnis merupakan suatu tata cara yang dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan berbisnis. Didalam berbisnis tentunya diperlukan penerapan etika yang baik karena penerapan etika tersebut akan menjadi nilai plus atau keuntungan tersendiri bagi sebuah perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang. Etika-etika dalam berbisnis yaitu jujur dan tidak berbohong karena kejujuran merupakan hal penting dalam menjalankan suatu usaha. Selain itu, tidak mudah emosi atau emosional, berbahasa yang baik, ramah dan sopan, menggunakan pakaian yang pantas dan menyesuaikan keadaan, serta bertingkah laku yang baik terhadap konsumen maupun karyawan agar konsumen dan karyawan memberikan feedback yang baik bagi perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL BOYS WILL BE BOYS

Cara menghitung Future Value dan Present Value

RESOLUSI SAYA UNTUK 10 TAHUN MENDATANG