KORELASI ETIKA DENGAN PENULISAN ILMIAH
Judul Penulisan Ilmiah
Analisis
Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Membeli atau Membuat Sendiri
Bakso pada Bakso Mas Karim
Ringkasan Hasil Penulisan Ilmiah
Manajemen memiliki peran penting yang dibutuhkan perusahaan dalam hal
mengambil keputusan. Sebelum mengambil keputusan, manajemen harus melakukan
sebuah analisis untuk mengetahui keputusan manakah yang paling menguntungkan
perusahaan. Salah satu analisis yang dibutuhkan sebagai dasar pengambilan
keputusan adalah analisis biaya diferensial membeli atau membuat sendiri suatu
produk.
Tujuan yang dikaji dalam penulisan ini adalah 1) Untuk mengetahui
analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan membeli atau membuat
sendiri bakso pada Bakso Mas Karim. 2) Untuk mengetahui hasil analisis biaya
diferensial berdasarkan konsep membeli atau membuat sendiri bakso pada Bakso
Mas Karim.
Objek kajian penulisan ini adalah pendekatan diferensial diantara
alternatif membeli atau membuat sendiri bakso pada Bakso Mas Karim. Dari hasil
penelitian mengenai analisis biaya diferensial membeli atau membuat sendiri
bakso, perbandingan
laba yang diperoleh jika membeli bakso dari luar sebesar Rp 15.750.000.
Sedangkan laba yang diperoleh jika Bakso Mas Karim membuat sendiri bakso
sebesar Rp 17.658.000, sehingga terdapat laba diferensial sebesar Rp 1.908.000.
Berdasarkan hasil analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan membeli
atau membuat sendiri bakso dapat disimpulkan bahwa keputusan yang dapat diambil
yaitu keputusan membuat sendiri bakso karena laba yang diperoleh lebih besar.
Korelasi Etika dengan Ringkasan
Penulisan Ilmiah
Berdasarkan
ringkasan penulisan ilmiah diatas, diketahui bahwa penulisan ilmiah diatas
memiliki korelasi etika dalam berbisnis. Etika bisnis merupakan suatu tata cara
yang dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan berbisnis. Didalam
berbisnis tentunya diperlukan penerapan etika yang baik karena penerapan etika
tersebut akan menjadi nilai plus atau keuntungan tersendiri bagi sebuah
perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang. Etika-etika dalam berbisnis yaitu jujur dan tidak berbohong karena kejujuran merupakan
hal penting dalam menjalankan suatu usaha. Selain itu, tidak mudah emosi atau
emosional, berbahasa yang baik, ramah dan sopan, menggunakan pakaian yang
pantas dan menyesuaikan keadaan, serta bertingkah laku yang baik terhadap
konsumen maupun karyawan agar konsumen dan karyawan memberikan feedback yang
baik bagi perusahaan.
Komentar
Posting Komentar