SISTEM EKONOMI KAPITALISME

Kapitalisme merupakan sebuah paham sistem ekonomi dimana semua nilai yang diciptakan baik dari segi produksi ataupun konsumsi semata-mata adalah untuk mendapatkan profit atau laba. Sistem ini sama sekali tidak memikirkan kepentingan bersama, kesejahteraan sosial, atau semacamnya, karena asas sistem ini merupakan kepuasan sepihak atau bisa dikatakan setiap keuntungan yang diperoleh merupakan milik pribadi.

Dalam hal ini, pemerintah tidak campur tangan dalam sistem ekonomi kapitalis karena individu diyakini mampu untuk menghasilkan modal sendiri tanpa campur tangan pemerintah. Beda halnya dengan sistem ekonomi sosialis yang pemerintahnya turut serta untuk mensejahterakan kehidupan masyarakatnya.

Dalam sistem ini secara sekilas akan terlihat normal karena komponen-komponen dalam pasar tertata rapi dengan mekanisme yang jelas. Namun hasilnya akan timbul suatu ketidakseimbangan, dimana masyarakat yang kaya akan semakin kaya dan masyarakat yang miskin akan lebih miskin. Belum lagi masalah pengangguran dan tingkat kriminalitas yang akan semakin tinggi.

Berikut adalah ciri kapitalis yang kerap muncul :
1. Sebagian besar sarana produksi dan distribusi merupakan milik individu
2. Pemilik modal bebas melakukan cara apa saja untuk menigkatkan laba
3. Aktivitas ekonomi secara bebas hanya ditentukan oleh penjualan dan pembelian
4. Minimalnya campur tangan pemerintah
5. Riset menduduki posisi yang penting dalam mendorong persaingan

Di setiap sistem tentu ada nilai positif dan negatifnya. Nilai positif yang di dapatkan dalam sistem ini adalah profit yang sangat menggiurkan, bebasnya para individu untuk menentukan usaha apa yang akan mereka jalankan, persaingan sehat antar individu tanpa harus adanya campur tangan pemerintah, dan pajaknya yang lebih kecil.

Di sisi lain tentunya juga ada nilai negatif dari sistem ini, yaitu adanya kesenjangan kelas ekonomi yang semakin jelas dikarenakan keuntungan sepihak yang hanya diperoleh oleh kaum minoritas, dan tentunya tanpa mengindahkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Sekian penjelasan singkat mengenai Sistem Ekonomi Kapitalisme. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca,.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL BOYS WILL BE BOYS

Cara menghitung Future Value dan Present Value

RESOLUSI SAYA UNTUK 10 TAHUN MENDATANG